Home » » Jaringan Pada Manusia dan Hewan

Jaringan Pada Manusia dan Hewan


JARINGAN PADA MANUSIA DAN HEWAN

Jaringan adalah sekelompok sel yang bentuk dan fungsinya sama. Pada hewan dan manusia terdapat beberapa jaringan yaitu jaringan epitel, ikat, otot dan syaraf.
1.       Jaringan epitel
Jaringan epitel tersusun dari sel-sel yang rapat dan berdekatan satu sama lain sehingga tidak ada rongga antar sel. Jaringan ini berfungsi melapisi suatu rongga dalam atau permukaan luar, menerima rangsang, atau sebagai kelenjar.  Lapisan sel epitel ada yang pipih, kubus, dan silindris. Sel-sel ini dapat tersusun dalam satu lapis sel atau berlapis-lapis. Contoh jaringan epitel pada dinding usus halus berbentuk silindris yang tersusun selapis.




2.       Jaringan ikat
Susunan sel-sel jaringan ikat agak renggang dan mengandung banyak pembuluh darah kecuali pada jaringan ikat tulang rawan. Fungsi utama jaringan ikat ialah sebagi pelindung (proteksi), penunjang, dan mengikat berbagai jaringan dan organ. Jaringan ikat juga berfungsi untuk menyimpan lemak serta menghancurkan bakteri dan sel-sel yang sudah mati. Contoh jaringan ikat adalah jaringan darah, jaringan tulang, dan jaringan lemak.

3.       Jaringan otot
Jaringan otot meliputi 40%-50% berat badan. Otot dapat berkontraksi, kontraksi beberapa otot akan menggerakkan tulang sehingga menghasilkan gerak. Oleh karena itu, otot disebut sebagai alat gerak aktif, sedangkan rangka disebut sebagai alat gerak pasif. Otot dapat dibedakan menjadi otot rangka, otot polos, dan otot jantung.

4.       Jaringan saraf
Jaringan saraf tersususn dari sel-sel saraf yang disebut neuron. Neuron berfungsi sebagai penghantar impuls dari reseptor ( penerima rangsang) ke otak dan menghantar impuls untuk menanggapi rangsang dari otak ke efektor (otot dan kelenjar). Terdapat tiga macam neuron, yaitu :
·         Neuron sensorik, berfungsi menghantarkan impuls dari penerima rangsang ke saraf pusat atau sumsum tulang belakang.
·         Neuron motorik, berfungsi menghantarkan impuls dari saraf pusak ke efektor (organ yang memberi tanggapan terhadap rangsangan yaitu otot dan kelenjar)
·         Neuron asosiasi, berfungsi menghubungkan sel saraf satu dangan sel saraf lain sehingga penghargaan impuls dapat berjalan baik.

1 komentar: